-->

Cara Menggunakan Manifold Gauge

Manifold Gauge atau biasa disebut service manifold atau juga analyser merupakan peralatan yang tak terpisahkan dari pekerjaan seorang teknisi refrigerasi ataupun tata udara (AC). 

Manifold gauge adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan dan juga suhu operasi dari  suatu sistem refrigerasi/ pendingin. Satuan tekanan yang tertera pada manifold gauge umumnya adalah Psi dan Bar. Sedangkan untuk satuan suhu adalah Celsius dan Fahrenheit. 

Penggunaan manifold gauge pada bidang Refrigerasi dan Tata Udara diantaranya yaitu pada saat pengisian/penambahan refrigerant (charging), pengecekan refrigerant (controling) dan pemvakuman (evacuating).

Manifold gauge umumnya terdiri dari dua buah meter tekan. Meter yang sebelah kiri berwarna biru (meter tekanan rendah) yang disebut Compound Gauge dan meter yang disebelah kanan berwarna merah (meter tekanan tinggi) yang disebut Pressure Gauge.

Manifold
Bagian - Bagian Manifold Gauge

  • Compound Gauge merupakan meter tekanan rendah yang digunakan untuk mengukur tekanan positif dan tekanan negatif. Tekanan positif untuk mengukur tekanan yang dimulai dari angka 0 sampai 250 psi (0 - 10.7 bar) atau lebih. Sedangkan untuk tekanan negatif untuk mengukur tingkat kevakuman yang dimulai dari -30 in Hg sampai 0 psi (0.9 - 0 bar)
  • Pressure Gauge merupakan meter tekanan tinggi yang lazimnya hanya digunakan untuk mengukur tekanan positif di atas tekanan atmosfir dari 0 sampai 500 psi (0 - 35 bar). 
  • Besi Pengait/ Penggantung merupakan besi berbentuk tanda tanya yang digunakan untuk mengaitkan/ menggantungkan manifold gauge.
  • Hand Valve/ Kran Tekanan Rendah merupakan kran yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran menuju ke arah Compound Gauge. Terletak di sebelah kiri dan umumnya berwarna biru sama seperti warna Compond Gauge (meter tekanan rendah)
  • Hand Valve/ Kran Tekanan Tinggi merupakan kran yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran menuju ke arah Pressure Gauge. Terletak di sebelah kanan dan umumnya berwarna merah sama seperti warna Pressure Gauge (meter tekanan tinggi)
  • Hose/ Selang Tekanan Rendah merupakan selang berwarna biru yang dihubungkan tepat di bawah meter tekanan rendah
  • Hose/ Selang Service merupakan selang berwarna kuning yang dihubungkan pada jalur tengah dari port manifold
  • Hose/ Selang Tekanan Tinggi merupakan selang berwarna merah yang dihubungkan tepat di bawah meter tekanan tinggi

Konfigurasi Manifold Gauge

Hubungan selang tekanan rendah (biru), selang servis (kuning) dan selang tekanan tinggi (merah) tergantung dari penggunaan manifold dan kondisi hand valve/ kran nya. Berikut ini dapat kita lihat beberapa konfigurasi manifold Gauge. 

Konfigurasi-Manifold-Gauge
Adapun penggunaan Manifold Gauge dalam pekerjaan Refrigerasi dan Tata Udara dijelaskan sebagai berikut :

Pengukuran/ Pengecekan Tekanan Refrigerant

Pada saat kita akan melakukan pengukuran/ pengecekan tekanan refrigerant maka langkah-langkah yang dilakukan adalah :

  1. Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) pada kondisi tertutup
  2. Hubungkan hose (selang manifold) ke sistem pendingin yang akan di ukur. Apabila kita akan mengukur pada sisi tekanan rendah maka gunakan selang tekanan rendah (biru). Sedangkan untuk mengukur sisi tekanan tinggi maka kita gunakan selang tekanan tinggi (merah). 
  3. Baca penunjukan jarum pada gauge yang kita gunakan pada skala satuan tekanan (Psi atau Bar)
Berikut adalah contoh hubungan selang manifold saat pengukuran refrigerant pada unit AC split pada sisi tekanan rendah :

Cara-Cek-Freon-Refrigerant
Gambar Pengecekan Refrigerant

Pemvakuman Sistem Refrigerasi / Tata Udara

Apabila kita akan melakukan pekerjaan pemvakuman suatu sistem refrigerasi/ tata udara maka langkah-langkah yang dilakukan adalah :

  1. Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) pada kondisi tertutup
  2. Hubungkan hose /selang tekanan rendah (biru) ke port servis / pentil pengisian pada sistem
  3. Hubungkan hose /selang service (kuning) ke pompa vakum
  4. Hidupkan pompa vakum 
  5. Buka hand valve/ kran tekanan rendah
  6. Baca hasil penunjukan jarum pada compound gauge/ meter tekanan rendah (warna biru) pada skala satuan tekanan negatif (in Hg)
Berikut adalah contoh hubungan selang manifold saat pemvakuman unit AC split :
Cara-Memvakum-AC-Split
Gambar Pemvakuman Unit AC Split

Pengisian/ Penambahan Refrigerant 

Pada saat kita akan melakukan pengisian ataupun penambahan refrigerant pada suatu sistem refrigerasi atau tata udara maka langkah-langkah yang perlu kita lakukan adalah :

  1. Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) pada kondisi tertutup
  2. Hubungkan hose /selang tekanan rendah (biru) ke port servis / pentil pengisian pada sistem
  3. Hubungkan hose /selang service (kuning) ke tabung refrigerant
  4. Pastikan udara di dalam selang biru dan kuning sudah tidak ada dengan cara divakum atau di jos/ didorong dengan memanfaatkan tekanan refrigerant 
  5. Buka kran pada tabung refrigerant
  6. Buka dan tutup secara bertahap hand valve/ kran tekanan rendah (biru) sampai refrigerant terisi sesuai dengan ukuran standar yang telah ditetapkan.
Berikut adalah contoh hubungan selang manifold saat pengisian/penambahan refrigerant pada unit AC split:
Cara-Pengisian-Freon-Refrigerant-AC
Gambar Pengisian Refrigerant

Pengisian Refrigerant yang diawali dengan Pemvakuman  

Apabila kita akan melakukan pengisian refrigerant pada sistem yang kosong (belum ada refrigerant) maka harus dilakukan pemvakuman terlebih dahulu. Adapun langkah- langkah yang perlu kita lakukan adalah :

  1. Pastikan kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi) pada kondisi tertutup
  2. Hubungkan hose /selang tekanan rendah (biru) ke port servis / pentil pengisian pada sistem
  3. Hubungkan hose /selang service (kuning) ke tabung refrigerant
  4. Hubungkan hose /selang tekanan tinggi (merah) ke pompa vakum
  5. Buka kedua hand valve (kran tekanan rendah dan tinggi)  dan hidupkan pompa vakum untuk melakukan pemvakuman sampai 30 inHg selama 15 menit
  6. Tutup Kran tekanan tinggi (merah) dan matikan pompa vakum untuk mengakhiri pemvakuman
  7. Buka kran pada tabung refrigerant sampai manifold pada meter tekanan rendah menunjukkan angka diatas 0 psi dan hidupkan sistem pendingin
  8. Lakukan pengisian refrigerant sampai memenuhi ukuran standar dari sistem pendingin tersebut. 
Berikut adalah contoh hubungan selang manifold saat pengisian refrigerant yang di awali dengan pemvakuman pada unit AC split :
Cara-Memvakum-Mengisi-refrigerant
Gambar Pengisian Refrigerant dan Pemvakuman

Mengukur Suhu Refrigerant dengan Manifold Gauge

Seperti yang telah dijelaskan di awal selain untuk mengukur tekanan positif dan tekanan negatif (vakum), manifold gauge juga digunakan untuk mengukur suhu refrigerant yang mengalir di dalam sistem.

Suhu refrigerant berbanding lurus dengan tekanan refrigerant, yang berarti semakin tinggi tekanan maka suhu refrigerant juga akan semakin tinggi.

Berikut dapat dilihat contoh penunjukkan jarum manifold pada pengukuran tekanan R-22 :

Cara-Mengukur-Suhu-Refrigerant

Dari gambar hasil pengukuran di atas maka dapat diketahui suhu R-22 pada tekanan 49 psi adalah sebesar 25OC. Untuk pengukuran suhu R-134 dan R-404a dapat dilihat sesuai dengan skalanya masing-masing.

Apabila kita ingin mengukur tekanan dan suhu pada jenis refrigerant yang lainnya pastikan manifold yang digunakan sesuai dengan jenis refrigerant yang akan diukur.

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat

Salam pojok dingin!!!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel