-->

Push Button atau Tombol Tekan

PENGERTIAN PUSH BUTTON

Apa itu Push Button?

Anda mungkin pernah mendengar nama komponen ini disebutkan pada pembuatan suatu panel kontrol atau suatu rangkaian kontrol baik secara konvensional maupun sistem modern.

Push Button, Tombol Tekan
Push Button dapat kita kategorikan sebagai saklar, karena fungsinya adalah untuk menghubungkan (ON) dan memutuskan (OFF) suatu sistem kerja.

Sesuai dengan namanya Push (= Tekan) dan Button (=Tombol), maka push button atau Tombol Tekan ini adalah suatu bentuk saklar dengan gaya balik yang biasa digunakan dalam suatu rangkaian kontrol.

Dikatakan mempunyai gaya balik karena pada saat berhenti ditekan maka kondisi push button ini akan kembali pada kondisi awalnya (terhubung atau terputus).

 

PUSH BUTTON ON / MOMENTARY N.O

Push Button ON dipergunakan untuk menghubungkan atau membuat sistem bekerja (ON). Push Button ON ini identik dengan warna Hijau dengan logo (I) atau tulisan Start. Push Button ON juga biasa disebut dengan Momentary N.O

Cara kerja Push Button ON adalah akan menghubung atau bekerja (ON) apabila ditekan dan akan kembali pada posisi awalnya yaitu terputus atau tidak bekerja (OFF).

Simbol Push Button ON (Momentary N.O)

Simbol









*IEC           = International Electrotechnical Commission

*NEMA     = National Electrical Manufacturers Association


PUSH BUTTON OFF / MOMENTARY N.C

Push Button OFF dipergunakan untuk memutuskan atau membuat sistem berhenti bekerja (OFF). Push Button OFF ini identik dengan warna Merah dengan logo (0) atau tulisan Stop. Push Button OFF juga biasa disebut dengan Momentary N.C

Cara kerja Push Button OFF adalah akan memutus atau berhenti bekerja (OFF) apabila ditekan dan akan kembali pada posisi awalnya yaitu terhubung atau bekerja (ON).

Simbol Push Button Off (Momentary N.C)

Simbol





Bentuk Fisik Push Button ON Dan OFF   

Push Button

 






PUSH BUTTON EMERGENCY

Push Button Emergency atau tombol darurat dirancang sebagai perlengkapan keselamatan dan kondisi darurat. Tombol ini dipergunakan untuk memutuskan atau membuat sistem berhenti bekerja (OFF) secara darurat agar tidak bisa beroperasi pada saat terjadi kecelakaan atau situasi tidak aman dan juga pada saat dilakukan perbaikan. 

Push Button Emergency ini identik dengan warna Merah. Apabila ditekan maka Push Button ini akan mengunci pada posisi terputus (OFF). Selanjutnya untuk mengembalikan ke posisi semula (ON) dengan cara diputar atau juga ada yang menggunakan kunci untuk membuatnya kembali ke posisi awal.

 

Simbol Push Button Emergency

Simbol Emergency






Bentuk Fisik Push Button Emergency

Tombol Emergency






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel