-->

MINIATURE CIRCUIT BREAKER (MCB)

 MENGENAL MCB

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah MCB?

Apabila belum berarti anda tidak menyadari bahwa sebenarnya anda memiliki benda yang bernama MCB ini di rumah anda.

Pemutus, Breaker



MCB singkatan dari Miniature Circuit Breaker yang merupakan salah satu komponen kelistrikan yang sangat vital fungsinya dan merupakan salah satu persyaratan penting untuk instalasi listrik.

MCB terletak pada meteran listrik kita, tepatnya di bawah KWh meter pada setiap rumah/ bangunan. MCB pada dasarnya berfungsi sebagai pemutus dan pengaman/proteksi terhadap beban lebih dan konsleting.

Listrik Pra Bayar


FUNGSI UTAMA MCB

MCB (Miniature Circuit Breaker) dikatakan merupakan persyaratan penting dalam instalasi listrik karena mempunyai 3 fungsi utama yang sangat vital, yaitu :

 

1.       Pemutus Arus

MCB memiliki fungsi sebagai pemutus arus yang mengalir baik secara otomatis maupun manual. MCB dilengkapi dengan tuas switch, sehingga kita bisa menggunakan tuas tersebut apabila kita menghendaki mematikan aliran listrik secara manual.

 

MCB juga bisa memutus secara otomatis apabila terjadi arus lebih (overload) ataupun terjadi hubung singkat (konsleting).

 

MCB bisa memutus secara otomatis apabila terdeteksi terjadinya arus berlebih akibat penggunaan beban listrik yang melampaui kapasitas beban maksimal di rumah kita (Overload).

 

MCB juga akan memutus secara otomatis apabila terjadi konsleting (hubung singkat) pada instalasi listrik di rumah kita, sehingga mencegah terjadinya bahaya kebakaran.

 

2.       Proteksi Overload (Beban Lebih)

Overload atau beban lebih adalah keadaan dimana penggunaan daya listrik melebihi kapasitas dari beban yang terpasang dari PLN. Sebagai contoh beban terpasang pada sebuah rumah adalah 450 VA maka kapasitas MCB yang digunakan sebagai pembatas arusnya adalah 2A.

Apabila penggunaan beban listrik pada saat yang bersamaan di rumah tersebut melebihi dari 450 VA / Watt, maka secara otomatis MCB akan memutus. Oleh karenanya MCB juga bisa dikatakan sebagai pembatas arus. Besaran kapasitas MCB akan menentukan berapa kapasitas beban terpasang pada suatu rumah/ bangunan.

 

3.       Proteksi Konsleting (Hubung Singkat)

Konsleting listrik atau hubung singkat adalah suatu keadaan dimana terjadi kontak / hubungan antara 2 penghantar beda tegangan (kabel Fasa dan kabel netral) secara langsung. Saat terjadi konsleting maka akan terjadi lonjakan arus listrik yang sangat besar dan menimbulkan percikan api yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran.

 

Dengan adanya MCB maka potensi bahaya kebakaran ini dapat dicegah, karena MCB secara otomatis akan memutuskan aliran listrik dengan cepat apabila terjadi hubung singkat (konsleting).

 

SIMBOL PENGGAMBARAN MCB

Simbol Miniature Circuit Breaker (MCB) dalam penggambaran gambar teknik listrik berdasarkan International Electrotechnical Commission (IEC) adalah seperti berikut :

Simbol
Simbol MCB


KAPASITAS MCB

Miniature Circuit Breaker (MCB) tersedia dalam beberapa jumlah kutub yaitu 1 kutub, 2 kutub, 3 kutub dan 4 kutub, tergantung dari kebutuhannya.

Kapasitas MCB sebagai pembatas dapat kita lihat pada tabel di bawah ini :

Kapasitas MCB
(sumber Katalog Schneider Electric Domae 45KA)

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel