-->

Manfaat Rutin Cuci AC Rumah


AC



Manfaat Rutin Cuci AC rumah - AC rumah merupakan peralatan rumah tangga yang sangat terasa kehadirannya terutama disaat musim kemarau/panas. Utamanya di daerah perkotaan yang padat penduduk dan jarang terdapat pepohonan. Ditambah lagi suhu bumi diyakini semakin lama semakin tinggi saja.

Namun tahukah anda AC yang kita gunakan tersebut memerlukan perawatan berupa pencucian AC secara rutin agar tidak menjadi sumber penyakit, baik itu berupa penyakit jasmani maupun penyakit keuangan 😀.


Mencuci AC dapat kita kategorikan menjadi 2 :

1.     Cuci/ servis kecil
Berupa pembersihan AC secara sederhana. Yaitu pembersihan body AC dan filter udara yang terletak di dalam unit indoor AC. Idealnya servis kecil ini rutin anda lakukan 2-4 minggu sekali agar udara ruangan yang disirkulasikan oleh AC tetap bersih dari debu.  

Untuk servis kecil ini anda bisa melakukannya sendiri tanpa peralatan yang khusus dengan melihat panduannya di artikel membersihkan AC sendiri.

2.   Cuci/ servis besar
Servis cuci AC besar memerlukan peralatan khusus dalam pengerjaannya. Untuk melakukannya anda bisa menghubungi jasa servis AC terdekat di kota Anda.  

Namun tidak ada salahnya apabila anda ingin mencoba melakukannya sendiri. Untuk panduannya anda bisa membaca artikel cara servis cuci AC.
Idealnya servis besar ini rutin dilakukan 3 -6 bulan sekali tergantung dari kondisi ruangannya.

Beberapa maanfaat apabila AC di cuci secara rutin yaitu :

1.     Menjaga kesehatan penghuni ruangan
Ruangan yang sehat adalah ruangan yang bersih. Karena udara yang tidak bersih/ berdebu dapat menyebabkan masalah kesehatan utamanya pada bagian pernafasan. 

Pada AC terdapat filter udara yang berfungsi menyaring debu dan partikel lainnya dari udara ruangan yang disirkulasikannya. Oleh karenanya filter ini harus rutin untuk dibersihkan (baca artikel : membersihkan AC sendiri)

2.     Menjaga udara AC tetap dingin dan bersih
Penumpukan debu dari udara ruangan pada filter udara AC dapat menyebabkan sirkulasi udara dingin AC yang tidak lancar. Sehingga akan mengurangi hembusan angin dingin dari evaporator AC ke dalam ruangan. 

Penumpukan debu di filter juga dapat berakibat udara yang keluar dari AC berbau debu. Itulah kenapa filter udara perlu dibersihkan secara rutin agar hembusan udara dingin yang keluar dari AC tidak terhambat dan bersih

3.     Mencegah timbulnya rembesan air buangan AC
Debu yang terus menumpuk semakin banyak pada bagian dalam AC apabila tidak rutin dibersihkan akan menimbulkan lumut pada bagian saluran pembuangan airnya.  

 Lumut dan kerak inilah yang akan menyumbat saluran pembuangan air AC sehingga tidak lancar dan berakibat air merembes/menetes di bagian indoor AC (dalam ruangan). Tentu saja ini akan sangat merepotkan bukan?

4.     Mencegah kerusakan pada AC
Kondisi yang kotor (penumpukan debu) akan mempengaruhi kinerja dari AC itu sendiri. Debu dan kotoran yang menempel pada pipa-pipa evaporator dan kondensor AC akan mengakibatkan korosi yang nantinya dapat berakibat kebocoran refrigerant/ freon. Apabila hal ini terjadi tentu saja akan membutuhkan uang yang lebih banyak untuk perbaikannya. 

Selain itu kondisi yang kotor juga akan mengakibatkan beberapa komponen AC seperti kompressor, blower dan Fan motor akan bekerja lebih ekstra. Sehingga akan berpengaruh terhadap usia komponen-komponen ini.

5.     Menghemat konsumsi listrik
Kondisi AC yang kotor akan mengganggu proses pendinginan ruangan. Sehingga kerja kompressor AC menjadi lebih ekstra (lebih lama hidupnya dari kondisi normal yang seharusnya). 

Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap konsumsi listrik yang digunakan AC untuk mendinginkan ruangan tersebut. Dimana tentu saja akan mengakibatkan konsumsi listrik anda akan lebih besar lagi.

Nah, bagaimana menurut anda? Pastinya lebih baik membersihkan AC secara rutin daripada membersihkan AC setelah adanya gangguan ataupun kerusakan.

Ibarat pepatah :   “lebih baik mencegah daripada mengobati”  
                              “lebih baik rutin mencuci AC, daripada nanti ACnya mati ”
                               😀😀 salam pojokdingin!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel